18 Fakta Menarik Tentang Iternet

18 Fakta Menarik Tentang Internet

Emoticon PertamaInternet sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan sehari-hari sebagian besar dari kita. Hampir semua orang memiliki akun Facebook dan sebagian dari kamu mungkin pernah meng-upload video buatanmu ke YouTube.
Setiap orang dapat dengan mudah mendapat informasi mengenai hampir apapun melalui search engine seperti Google. Namun, seberapa banyak yang kamu ketahui mengenai revolusi dan perkembangan internet sejak pertama kali dibuat hingga sekarang?

JalanTikus merangkum 18 fakta menarik tentang internet yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

  1. Teknologi di balik internet bermula pada tahun 1960-an di MIT. Pesan pertama yang dikirimkan adalah LOG.., dimana si pengguna berusaha menuliskan LOGIN, tapi jaringan pada saat itu mengalami crash karena besarnya data ketika harus mengirimkan huruf G. Sekarang kamu bisa dengan mudah mengirimkan data hingga hitungan Gigabyte melalui internet.
  2. Internet bermula sebagai satu buah halaman dengan URL http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, yang merupakan website berisi informasi mengenai sebuah project “WorldWideWeb” dan menjelaskan bahwa siapapun bisa membuat halaman hypertext yang berisi berbagai link. Sayangnya, tampilan asli halaman ini tidak pernah disimpan. Tapi kamu bisa melihat revisinya disini.
    Browser Pertama
  3. Emoticon diyakini pertama kali dibuat oleh Kevin Mackenzie pada tahun 1979, namun saat itu hanya berupa tampilan sederhana -) dan tidak tampak seperti wajah.
    3 tahun kemudian, muncul emoticon ini : Icon Smile
    Emoticon diatas dibuat oleh Scott Falham dan sekarang menjadi salah satu emoticon utama.
  4. Di Jepang, penggunaan emoticon tampak seperti ini :

    ~~~ヾ(^∇^)

  5. Webcam pertama kali digunakan di lab komputer Universitas Cambridge, dimana tujuan utamanya adalah untuk mengawasi sebuah mesin pembuat kopi.
    Webcam Pertama
  6. Walaupun standard MP3 pertama kali dibuat pada tahun 1991, namun pada tahun 1998 Napster pertama kali memberikan layanan file-sharing untuk pengguna Internet.
    Napster
  7. Sejak ‘kelahiran’ Internet, file sharing selalu menjadi masalah bagi pihak berwenang yang bertugas menanganinya. Pada tahun 1989, Universitas McGill menutup index site FTP mereka setelah mengetahui bahwa FTP tersebut memungkinkan setengah dari traffic internet dari Amerika ke Kanada. Untungnya, beberapa website file indexing juga telah dibuat saat itu.
  8. Bahkan sekarang 50% traffic internet didominasi oleh file sharing, dimana file torrent menggunakan hingga 50% dari total bandwith. Namun bandwith download lebih banyak juga digunakan layanan streaming media seperti Netflix.
  9. Google memperkirakan, pada saat ini Internet memiliki data hingga sebesar 5juta Terrabyte (1TB=1,000GB) dan menyatakan bahwa yang sudah ter-index hanya sebesar 0.04% saja.
  10. Sepertiga pencarian yang dilakukan di internet berkaitan dengan pornografi. Diperkirakan 80% file image yang ada di Internet adalah gambar wanita tanpa busana.
  11. Konon, Amazon menjadi website online shopping nomor 1 karena sebelum Google dibuat, Yahoo menampilkan website berdasarkan alphabet.
  12. Banner iklan yang pertama kali muncul di internet adalah pada tahun 1994, yang merupakan bagian dari kampanye AT&T, diletakkan di halaman utama HotWired.
    Banner Internet Pertama
  13. Dari 247 miliar email yang dikirimkan setiap harinya, 81%nya adalah spam.
  14. Email spam yang pertama kali dikirimkan adalah pada tahun 1978, saat DEC merilis komputer dengan sistem operasi baru dan marketing DEC memutuskan untuk mengirimkan email massal ke 600 pengguna ARPANET (leluhur internet). Kesalahan konyol, dimana si pengirim tidak mengerti sistemnya dan menuliskan alamat email ke bagian SUBJECT: kemudian ke TO: dan CC:, hingga ke dalam email. Reaksi penerima email ini saat itu kurang lebih sama dengan pengguna internet sekarang yang kesal ketika menerima email spam. Namun istilah ‘spam’ saat itu belum digunakan.
  15. Kapan istilah ‘spam’ muncul? Konon, pada tahun 1980-an, terdapat sebuah game multiplayer ‘jadul’, Multi User Dungeons, dimana para pemain menjelajah dan menjalankan aksi dengan menggunakan teks. Salah satu pengguna merasa komunitas dan pengalaman bermain MUD membosankan dan menjalankan program macro keyboard yang menuliskan kata SPAM SPAM SPAM SPAM berulang kali setiap beberapa detik, yang sepertinya meniru sebuah acara komedi saat itu, Monty Phyton, yang selalu memesan spam setiap kali sarapan di sebuah rumah makan.
  16. Diperkirakan video dengan total waktu 20 jam di-upload ke YouTube setiap harinya. Video yang pertama kali di-upload ke YouTube adalah dari Jawed Karim (salah satu pendiri YouTube) pada tanggal 23 April 2005. Video sepanjang 18 detik ini berjudul “Me at the zoo”.
  17. Terorisme internet adalah ancaman yang benar-benar berbahaya. Pada Februari 2008, 5 kabel internet di dasar laut yang memberikan koneksi internet ke Timur Tengah dipotong.
  18. Istilah “cyber terrorism” yang sering digunakan adalah DDOS (Distributed Denial of Service attack), dimana ratusan hingga ribuan sistem di seluruh dunia secara bersamaan terhubung ke sebuah website atau jaringan, berusaha untuk membuatnya crash. Anonymous merilis sebuah aplikasi tahun 2011 yang dapat di download oleh pengguna dan kemudian digunakan untuk mengatur perintah serangan secara otomatis secara remote. Serangan DDOS serupa seringkali dilakukan oleh malware yang terinstall pada komputer tanpa diketahui penggunanya.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url